Pentingnya Penegakan Hukum


Hampir semua penduduk negeri ini pasti mengakui bahwa negeri ini sedang dalam kondisi yang tidak baik. Hukum hampir hampir tidak adil lagi, hukum tidaklah sama bagi orang yang memiliki uang dan yang tidak. Lantas apalagi yang bisa menjamin keadilan dan kesejahteraan masyarakatnya apabila hukum aja sudah mulai dipertanyakan.

Masalah terbesar dalam negara ini terletak pada penegakan hukumnya. Hukum merupakan serangkaian aturan yang dibuat manusia agar kehidupan yang berlangsung aman dan nyaman. Hukum dibuat atas nama manusia tidak memandang status sosial dan berlaku seadil adilnya. Permasalahan kehidupan bisa muncul akibat tidak dipatuhinya hukum, entah perlakuan hukum yang tidak adil lagi atau bahkan mengabaikan hukum itu sendiri. Oleh karena itu, jika hukum benar benar bisa ditegakkan dengan adil, maka banyak masalah yang ada saat ini akan terselesaikan dengan sendirinya.

Apabila hukum ditegakkan tanpa tawar menawar, korupsi lama kelamaan akan hilang. Para pelaku korupsi diberi hukuman berat dan serius sehingga membuat jera dan tidak akan mengulanginya lagi. Saat masyarakat tahu bahwa hukum tidak untuk main main, maka hingga level terendah pun orang orang akan takut melanggar hukum. Hal hal seperti pungutan liar di kantor kelurahan, maupun pungutan polisi lalu lintas di perempatan jalan tidak akan ada.

Penegakan hukum harus dimulai dari orang yang bertanggung jawab atas hukum itu sendiri. Pemerintah. Bila pemerintah menegakkan hukum dan menghukum semua pihak yang melanggar dengan adil, maka masyarakat pun akan mematuhi dan segala masalah yang ada di negeri ini akan teratasi.

Comments

Popular Posts