Menyikapi Masalah

Kehidupan setiap orang pasti tidak ada yang berjalan mulus. Pasti ada yang mengalami masalah, cobaan dan hambatan hidup. Ada yang menyikapinya dengan mengeluh, atau bahkan menyerah atas cobaan tersebut. Ada yang lebih bijak dengan menerimanya dengan ikhlas dan menyelesaikannya.

Permasalahan hidup itu sebenarnya pasti ada hikmahnya. Kalau bisa berpikir dingin dalam menghadapinya maka pasti bisa menemukan penyebab masalah itu timbul. Dengan mencari penyebab yang timbul maka kita tidak akan mengulangi hal yang sama. Masalah dalam hidup membantu kita untuk bersikap lebih dewasa.

Ketika menghadapi masalah seringkali kita menyalahkan orang lain, padahal belum tentu juga. Masalah seringkali muncul akibat ulah kita sendiri, makanya intropeksi diri adalah hal paling penting. Memikirkan ulang apa perbuatan salah yang telah kita lakukan. Sekalipun permasalahan itu disebabkan karena kesalahan orang lain, tidak pada tempatnya apabila kita menyalahkan orang lain. Mungkin orang itu berbuat salah karena kita. Atau sebaiknya kita melihat dalam diri lagi pernah apa tidak melakukan kesalahan yang sama? Apakah kita merupakan orang yang jauh lebih baik?

Dengan makin banyak permasalahan, cobaan hidup seseorang, maka karakter yang terbentuk juga semakin kuat. Sama halnya dengan pepatah

kualitas intan makin bagus jika tekanan dan suhu yang diperoleh semakin besar

Jadi seberat apapun permasalahan yang ada, hadapi dan jadikan itu pembelajaran untuk menjadi manusia yang jauh lebih baik.

Comments

Popular Posts