Pengalaman operasi mata ikan

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengenai mata ikan. Mata ikan merupakan salah satu penyakit kulit dimana bagian kulit yabg terkena mata ikan mengalami penebalan dan akan terasa sakit bila tertekan. Penyakit kulit ini biasanya terjadi di telapak kaki atau jari kaki. Penyebab utama adalah masalah kebersihan yang kurang terjaga atau penggunaan alas kaki yang kirang nyaman. Mata ikan yang saya derita adalah pada bagian telapak kaki sebelah kiri. Awalnya hanya satu dan tidak terlalu sakit jadi cenderung saya abaikan. Lama kelamaan kulit yang terkena mata ikan semakin menebal dan sakit untuk berjalan. Mulai saat itu saya browsing mengenai mata ikan dan cara penyembuhannya. Ada berbagai alternatif yang muncul seperti pemakaian obat tetes, plester cina bahkan ada yang dibakar dengan rokok, namun yang paling dianjurkan adalah operasi. 
Sama halnya dengan sebagian besar orang yang sudah panik saat mendengar kata operasi, saya memilih cara yang lain selain operasi. Pertama saya mencoba dengan obat tetes. Bagian kaki yang sakit ditetesi lalu ditutup dengan plester agar tidak kotor. Sudah hampir 2 minggu saya memakai obat tetes namun hasilnya kurang memuaskan. Kulit menjadi tebal dan tidak sakit untuk berjalan tapi mata ikan masih ada. Akhirnya saya gunting bagian kulit yang menebal sampai berdarah. Sakit memang, tapi saya sudah terganggu dengan penyakit ini. Hasilnya kaki perih dan mata ikan masih bertahan pada tempatnya. 
Beberapa minggu kemudian muncul lagi mata ikan di sebelah mata ikan yang pertama. Selain itu muncul beberapa titik kecil semacam cikal bakal mata ikan di lima tempat. Saya mulai panik dan akhirnya memutuskan untuk dioperasi saja. Setelah mencari waktu libur yang cukup lama, akhirnya saya ke salah satu rumah sakit di kota asal saya. Waktu itu saya berencana menggunakan askes agar biaya tidak terlalu mahal. Saat daftar, ternyata untuk memakai askes harus disertai dengan surat rujukan puskesmas. Alhasil, saya menuju ke puskesmas untuk meminta rujukan. Saat di puskesmas, pihak puskesmas terkesan agak susah untuk memberikan rujukan dan meminta untuk diperlihatkan mata ikan di kaki saya. Setelah melihatnya, pihak puskesmas menyarankan untuk dioperasi di puskesmas tersebut karena masih belum parah.
Akhirnya saya memutuskan untuk dioperasi di puskesmas tersebut. Perasaan was was dan takut campur aduk sementara menunggu giliran. Saat tiba giliran saya, setelah diperiksa mata ikannya, saya disuruh untuk tengkurap dan kemudian beberapa suntikan bius lokal disuntikkan di kaki kiri saya. Operasinya berjalan kurang lebih 20 menit dan kaki saya mendapat 3 jahitan dan 1 jahitan di tempat lain. Saat operasi berlangsung, saya bisa mendengar dan merasakan kaki saya ditarik dan digunting, namun tidak terasa sakit. Mata ikan yang dicabut masih 2 karena itu yang paling parah sementara cikal bakal yang masih kecil belum dicabut karena tersebar dan bila langsung dioperasi akan membuat saya tidak nisa berjalan. Setelah dioperasi diberikan obat anti nyeri serta obat untuk mencegah infeksi. Kaki kiri saya diperban dan dua hari setelah operasi harus dibawa ke puskesmas lagi untuk dikontrol dan diganti perban. Namun, selama dua hari tersebut kaki saya tidak boleh terkena air sama sekali. Hal ini dimaksudkan agar luka cepat kering. 

Setelah mengalami sendiri penyakit mata ikan dan mencoba berbagai pengobatan, menurut saya yang paling efektif adalah dengan operasi. Selain ditangani oleh tenaga medis yang berpengalaman dan peralatan steril, proses penyembuhannya lebih cepat dan mata ikan tidak akan tumbuh lagi. Berbeda dengan penanganan sendiri yang belum terjamin keamaman dan kesembuhannya. Namun, alangkah baiknya bila kesehatan kaki dijaga agar terhindar dari segala jenis penyakit. Semoga tulisan saya bermanfaat :)

Comments

  1. Halo Rulianaaa. Aku dulu pas maba juga pernah kena mata ikan lho rul. Terus aku kasih obat tetes sampe hampir dua bulanan. Eh dia ilang-ilang dewe wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakaka dikomen bundiil, aku nggak telaten soalnya terus udah mengakar kemana mana bun sampe lebar gt -__- makanya pilih operasi hehe

      Delete
    2. Biaya operasinya berapa ya mbak

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Wah mantap mbak saya kira cuma saya yang operasi mata ikan dijahit, soalnya kebanyakan orang bekas operasinya bolong bukan jahitan hehe

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mbak saya mau tanya. Kalau di puskesmas bayar berapa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. puskesmas kalau pake askes enggak bayar. Kalau tanpa askes setau saya dibawah 100rb

      Delete
    2. Mbak ruliana, bekad operasi mata ikannya sakit gak kalo dipencet?

      Delete
  4. Maaf mba saya bertanya,
    Klo untuk biaya oprasi nya berapa?...
    Soal nya saya juga terkena mata ikan dan sudah melebar..
    Sebelum nya Saya ucapkan terimakasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik operasi mbak, kalau biaya di rumah sakit kurang tau, tapi kalau puskesmas dan ada askes gratis kok

      Delete
  5. mbak saya mau tanya,itu di puskesmas mana ya..&brp biaya y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puskesmas dimanapun bisa kayaknya, kemarin saya di dekat rumah mbak. Puskesmas kalau pake askes enggak bayar. Kalau tanpa askes setau saya dibawah 100rb

      Delete
  6. Mau nanya mbak,,aku bru selesai jg operasi mata ikan,sebanyak 5 titik di telapak kaki sebelah kiri... nh bru jln 2 hr pasca operasi..kira2 brp lama yh mbak butuh waktu bisa berjalan normal kembali,dan brp hari sekali bagus nya utk ganti perban nya.. mksh mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf ya telat sepertinya. Semoga masih bermanfaat. Saya dulu tiap 3 hari sekali kontrol sekaligus ganti perban. Jahitan diambil seminggu setelah operasi, jadi sembuh total dari operasi butuh waktu kira kira 2 mingguan. Semoga lekas sembuh.

      Delete
  7. mau tanya mba...apa luka bekas oprasi mata ikannya jadi seperti ada benjolan ( daging tumbuh) ?
    soalnya luka bekas oprasi mata ikan saya jadi ada benjolan gitu...
    mohon jawabannya..makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak berbekas dan teman saya yang sudah operasi juga tidak berbekas. Mungkin operasinya kurang berhasil atau belum sembuh total, lebih baik ditanyakan ke dokter saja.

      Delete
    2. pengalaman saya benjolan di bekas operasi mata ikan itu tumbuh menajdi mata ikan baru

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Sebulan yg lalu sy operasi mataikan, tp titik bekas lukanya,belum juga menutup sempurna, jika ditekan,terasa sedikit keras dibawah kulit, juga sedikitgatal,, memang demikiankah?

      Delete
    5. Sebulan yg lalu sy operasi mataikan, tp titik bekas lukanya,belum juga menutup sempurna, jika ditekan,terasa sedikit keras dibawah kulit, juga sedikitgatal,, memang demikiankah?

      Delete
    6. Sebulan yg lalu sy operasi mataikan, tp titik bekas lukanya,belum juga menutup sempurna, jika ditekan,terasa sedikit keras dibawah kulit, juga sedikitgatal,, memang demikiankah?

      Delete
    7. Sebulan yg lalu sy operasi mataikan, tp titik bekas lukanya,belum juga menutup sempurna, jika ditekan,terasa sedikit keras dibawah kulit, juga sedikitgatal,, memang demikiankah?

      Delete
  8. Saya mau share nih pengalaman membasmi mata ikan selama kira2 4 bulan
    Baru baru ini sembuh dr mata ikan, mudah-mudahan beneran sembuh total soalnya mata ikan ini sdh ga ada lagi matanya yg terlihat dan ga sakit lagi warna kulitnya jg sdh hampir sm dg kulit yg sehat.
    - Awalnya sy obati dg callusol smpe abis 3 botol ga sembuh jg malahan mata ikan yg tadinya kecil makin melebar
    - lalu pakein plaster cina, sy menghabiskan tiga bungkus smpe benar benar ilang matanya, awal pake plaster ini kulit mata ikan dn sekitarnya akan memutih agak nonjol dan berwarna merah akibat obat tsb, setiap ingin ganti plaster sy kompres luka dg air hangat trs sy kelopekin kulit yg putih2 itu sampe lapisan kulit yg paling tipis kl terasa sakit sy berhenti dn tutup lg pake plaster yg baru, sy rutin melalukan itu sampe mata ikan yg nonjol bs dikelopekin tp ga sakit, akhirnya lama lama mata ikannya memudar mungkin krn trs dikelopekin, tp ternyata msh ada benjolan dilapisan kulit pling dlm sy ga berani nyongkel soalnya sakit bgt dn pasti berdarah akhirnya sy tutup lg pke plaster, smpe akhirnya sya frustasi karna ini luka ga sembuh2 setiap dikelopekin kulit yg putih itu numbuh terus, sy cape dan ga rutin lg buat kelopekin yg sy lakukan cm ganti plater aja, trs sy memutuskan untuk operasi pas saat konsul dokter menyarankan untuk ga pake itu plaster lagi trs kelopekin kulit yg putih sm lapisan kulit yg dalem stlh itu balik lg untuk dioperasi, trs sy lakuin itu dan sy biarkan semalaman ga di apa apain, dan akhirnya kulitnya mengering ga ada lg kulit putih itu dan mata ikannya ga terlihat, Alhamdulillah sy bersyukur sekali mudah2an ini ga numbuh lagi dan saya tidak jadi melakukan operasi :)

    Semoga pengalaman sy ini bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Share juga pengalaman terkena mata ikan.
    Upaya penyembuhan yang sudah saya lakukan;
    1. Operasi. Mata ikan yang dioperasi hilang tapi muncul lagi di sisi kiri sama ujung bekas jahitan. walhasil hilang satu datang dua hiks..hiks...
    2. Pake Callusol habis 2 botol kagak mempan
    3. Pake plester china. habis 4 bks(1 bks 6 lmbr) si mata ikan masih bertahan malah beranak lagi jadi 3
    4. Pake bawang putih. kayaknya ga ngaruh juga.malah kayak mau muncul lagi kecil-kecil. total bisa jadi 6 tuh mata ikan.
    Tanpa direncanakan teman-teman ngajak main ke gunung galunggung. sambil menyelam minum air, sambil rekreasi mengobati si mata ikan.
    Sambil berenang di air panas di aliran sungai gunung galunggung, saya gosok-gosok tuh mata ikan.
    Saat itu ga gitu ada pengaruh, sampai 1,2 hari berikutnya si mata ikan jadi gak sakit kl di ajak jalan.
    Sedikit modal nekat walau takut perih saya cungkil2 tuh kulit luar yang tebal si mata ikan sampai terlepas bagian pinggir, namun belum berani cabut karena waktu di tarik pas mata ikannya lumayan agak nyut2an.
    Dengan keteguhan hati ingin mengusir tamu tidak diundang di kaki saya cabut dengan sekali tarik, walhasil mata ikan tertarik seluruhnya.
    Walau mengeluarkan sedikit darah dan agak nyut2an tapi hati senang akhirnya tercabut juga. Giliran sisanya saya cabutin juga cm rasa sakitnya berbeda tergantung ukuran si mata ikan.
    Bibit-bibit baru pun sekarang ga terasa, kayaknya semua mata ikan sudah mati. Alhamdulillah....

    ReplyDelete
  10. kalau saya,3 minggu setelah operasi mata ikan saya tumbuh lagi dan malah lebih besar daripada yg sebelumnya sakitnya juga luar biasa karna mata ikannya pas di telapak kaki rasanya lebih sakit dibanding pas sudah operasi.
    minta saran dong mba
    soalnya takut kalau habis operasi (lagi) mata ikannya muncul lagi seperti sekarang.

    ReplyDelete
  11. kalau saya,3 minggu setelah operasi mata ikan saya tumbuh lagi dan malah lebih besar daripada yg sebelumnya sakitnya juga luar biasa karna mata ikannya pas di telapak kaki rasanya lebih sakit dibanding pas sudah operasi.
    minta saran dong mba
    soalnya takut kalau habis operasi (lagi) mata ikannya muncul lagi seperti sekarang.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa butuh berapa lama untuk sembuh setelah operasi?

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. Kak, pas operasi beneran gak ngerasain sakit kan ya? Aku juga kena, tapi aku masih takut operasi:(

    ReplyDelete
  15. Mba operasinya sakit ga ? Dan biasanya biayanya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini baru selesai operasi mata ikan di RSUP Persahabatan Jakarta Timur.
      Operasi berjalan dengan baik, dokter agak cuek (tapi mungkin karena menjaga profesionalitas pekerjaannya, patut diapresiasi), susternya baik, ada yang magang juga anak keperawatan yang nemenin wkwk. Operasinya ga sakit kok, paling pas awal aja disuntik penghilang rasa sakit, tapi cuma sebentar, kesananya enggak karena efek cairan analgesiknya sudah bekerja.
      Saya habis hampir Rp300rb untuk sekelas rumah sakit negeri yang besar di daerah Jakarta Timur.

      Delete
    2. Hari ini baru selesai operasi mata ikan di RSUP Persahabatan Jakarta Timur.
      Operasi berjalan dengan baik, dokter agak cuek (tapi mungkin karena menjaga profesionalitas pekerjaannya, patut diapresiasi), susternya baik, ada yang magang juga anak keperawatan yang nemenin wkwk. Operasinya ga sakit kok, paling pas awal aja disuntik penghilang rasa sakit, tapi cuma sebentar, kesananya enggak karena efek cairan analgesiknya sudah bekerja.
      Saya habis hampir Rp300rb untuk sekelas rumah sakit negeri yang besar di daerah Jakarta Timur.

      Delete
    3. 300 ribu itu sudah sama obat, by dokter dan tindakan mas?

      Delete
    4. 300 ribu itu sudah sama obat, by dokter dan tindakan mas?

      Delete
    5. Mau tanya mas itu setelah operasi mata ikannya di persahabatan di jahit ga? ,terus kambuh lagi tidak?

      Delete
  16. Hi .. Mau tanya ni , sy juga baru selesai op mata ikan lima titik di kaki sebelah kiri tgl 13 kemarin ,, sampai sekarang masih sakit sekali .. Khawatir tumbuh baru krn trauma penyakit sperti ini menyiksa ga bisa jalan dan op pas di suntik sy sampai teriak nangis sakit sekali , apa tmen2 sperti itu ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes mba,,, super sakit waktu disuntik obat bius nya,,, setelah operasi berapa lama pulih mba? sy hari ke-3 dr operasi belum bisa jalan

      Delete
  17. adakah yg menjalani operasi mata ikan dengan metode dibakar? adik saya mengalami mata ikan dan menjalani operasi dengan metode tersebut bulan mei di rumah sakit swasta ternama, tp saat ini tidak kunjung sembuh. malah jadi seperti bengkak akibat infeksi. bekas mata ikan nya pun jd berlubang, terletak di telunjuk kaki kiri nya...

    ReplyDelete
  18. sepertinya mata ikan memang gak boleh disepelekan, sy habis operasi juga 2hari lalu, sakit bekas jahitannya belum ilang2, di dokter spesialis bedah lumayan nguras dompet, biaya tindakan cabut 2mata ikan 2jt, plus tebus resep 270rb..... sedap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok mahal banget itu mata ikannya sebesar apa dan sebanyak apa?:(

      Delete
    2. aku jg abis kena mataikan ada 3 kaki sblh kiri wktu itu priksa diRS dokternya lgsg ambil tindakan operasi laser cuma kena 270rb stlh sebuln tumbuh lagi di atas bekas operasi 1 n sblh kaki kiri ad cikal bakal mata ikan msih kecil dan dioperasi lg lgsg kedokter bedah kena 2,5jt sm obat...kaget aku trnyta klo di dokter bedah emng mahal msh mending dirumahsakitnya ... mdah2n ini yg terahir kena mata ikannya y...dah kapok.gak bsa jalan pkoknya nyiksa bgt

      Delete
  19. Saya operasi mata ikan di RS JMC Jakarta ngabisin sampe 11 juta .. tp pake bius total jd ga berasa saat operasinya .. bangun bangun udah kelar semuanya ..

    ReplyDelete
  20. Aku juga kena mata ikan di telapak kaki, udh di operasi.. Udah sebulan ini belum sembuh2. Koreng ny gk mau lepas ��. Suruh dokter ny sihh pakein betadin aja pas aku chek-up, tp knp blm smbuh jga. Cara ngilangin koreng ny slain betadin apa ya.??? Info nya dong, makasih

    ReplyDelete
  21. Hai #ruliana puspita sari , kok derita mu sama ya kyak aku,,

    ReplyDelete
  22. Hai #ruliana puspita sari , kok derita mu sama ya kyak aku,,

    ReplyDelete
  23. Kira-kira buat jqlan seperti normal berapa hari ya?, apa semenjak jahitan itu dilepas?

    ReplyDelete
  24. Semoga dibalas yaa:)

    Saya habis dioperasi mata ikan baru sehari kata dokternya ganti perbannya udah 3 hari smpe lukanya kering tapi kalo ga ngikutin dokter pengen ganti perban gimna ya mbaa udah ga nyaman soalnya
    Makasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gua sih, ganti perban sendri krena cukup repot kalo harus 2hari sekali harus kontrol (jauh),

      Kalau cara saya
      1, bersihkan luka pakai revanol
      2, trus tetesin b*tadin
      3, trus oles b*oplacenton
      4, trus tutup pakai jaring supratul
      5, trus tutup pakai kasa sreril
      6. Trus terakhir tutup pakai plester hepafik

      Delete
  25. Misi gan, numpang curhat,
    tgl 21 desember gua oprasi mata ikan, ukuran nya skitar kuku kelingking, d jahit 5,
    Skitar sminggu pasca oprasi trus d buka jahitan nya semua,
    Tpi sampai sekarang (skitar sbulan lebih) luka tersebut masih menganga (terbuka), silahkan coment yg mau tanya tanya, rasah isin lur

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan itu selama seminggu ente bisa jalan ga ? ga bisa kemana mana ya abis operasi?.. kalo pekerja ga wortit ya klo pake cara operasi.. cuti abis hehe

      Delete
    2. Trus sekarang gmn keadaannya.. Apa udh baikkan

      Delete
    3. Saya krmarin operasi mata ikan .. D bius nya agak sakit setelah beres d jait 3 jahitan .. Ketika d jahit saya mual dan pusing dan langsung pingsan sekitar 10menitan dan d kasih oksigen
      kata perawatnya pngaruh obat bius d kaki .. Mdh an cepat kering jahitannya .saya heran kok bisa pingsan ya padahal d bius kaki 😁

      Delete
  26. Kalo benang yg abis oprasi mata ikan harus dikeluarin jgn??

    ReplyDelete
  27. anak sy 9th kena mata ikan juga ada 6 titik d telapak kanan...sudah d obati tp tdk ada bedanya...akhrnya minta rujukan faskel untuk ke poli bedah untuk tindakan

    ReplyDelete
  28. Mbak pas kontrol ulang benang jahitnya gimana? .. Benang jahit nya yg bisa dilepas atau yg nyatu dengan daging?

    ReplyDelete
  29. Mbak sakit ngga pas operasinya? Mau operasi bentar lagi tapi kok takut yaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts