Dewasa

Dewasa adalah saat kita sudah memiliki KTP atau sudah berumur 17 tahun ke atas secara teknisnya. Namun bagiku, menjadi dewasa berarti tidak selalu merengek jika tertimpa masalah, tidak mudah mengeluh jika memikul beban yang berat serta tidak mudah membeberkan semua yang muncul di pikiran. Setidaknya itulah kriteria ideal manusia dewasa menurut pemikiranku.
Terkadang kita membutuhkan orang untuk berkeluh kesah tentang betapa beratnya  hari yang kita jalani. Tentang betapa beratnya tanggung jawab dan amanah yang harus kita pikul. Dan berbagai keluh kesah lainnya. Dan ketika kita mencoba untuk membuka diri dengan membagi isi pikiran dan hati kepada orang yang kita percayai, seringkali ketulusan kita tak mendapatkan balasan yang sepadan. 
Berulang ulang terjadi. Bahkan hal yang sama tetap terjadi pada belasan bahkan puluhan orang lain. Padahal orang-orang tersebut bukanlah orang yang kita asal kenal di pinggir jalan. Lalu, ambang batas saturasi itu pun terjadi. Saat dimana semua tindakan dan usaha yang kita lakukan tidak akan mengubah apapun. Dan kita menjadi orang asing, alien yang terlihat bahagia dan baik baik saja, namun rapuh di dalam, tidak memiliki rasa percaya dan ketulusan. Menjadi 'dewasa' dalam arti yang kita definisikan sendiri.

Comments

  1. Sudahkah aku dewasa? Adalah pertanyaan untuk dijawab orang lain, engkau tidak bisa mengukur kedewasaan mu sendiri meskipun seksi memiliki alat untuk mengukurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaa dibaca zaman haha. Masukan yang bagus. Tapi level penilaian orang kan berbeda beda, tergantung pemikiran orang itu sendiri. Nah kalo pemikiranku ya begitu man, hehe. Btw thanks for comment :)

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts