Merantau?

Merantau atau pergi meninggalkan kampung halaman mungkin sesuatu yang biasa bagi beberapa orang. Namun, ketika dirasakan dan dihayati, merantau merupakan salah satu cara terbaik dalam mengupgrade diri. Meninggalkan kampung halaman, meninggalkan orang tua kita untuk merasakan hidup sendiri, mandiri memberikan banyak manfaat bagi diri kita. Karena dengan merantau kita telah setidaknya keluar dari zona nyaman kita selama ini, berusaha untuk mengurangi ketergantungan pada orang tua kita, berusaha untuk memulai bertanggung jawab pada diri sendiri, dan berusaha untuk memilih jalan hidup kita sendiri. 
Bagiku, pergi dari zona nyaman merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan, namun aku mensyukuri hasil yang aku peroleh setelah berani keluar dari zona nyaman itu. Simpel saja, pergi melanjutkan studi ke kota yang cukup jauh dari rumah, bagiku merupakan salah satu dari keluar zona nyaman. Karena aku telah terbiasa hidup nyaman di rumah, tercukupi dan selalu ada orang tua yang mengurus, sehingga ketika memutuskan pergi ke kota untuk melanjutkan studi cukup membebani pikiran, karena membayangkan semuanya akan mulai aku lakukan sendiri.
Awalnya memang tak bisa dipungkiri kalau itu cukup berat, cukup membuatku diare dan tidak berselera makan karena stress. Namun, hidup yang aku jalani lebih berwarna dan bermakna. Hal paling penting adalah ketika jauh dari orang tua, membuatku semakin menyadari betapa berharganya dan betapa kedua orangtuaku  merupakan orangtua terbaik yang aku miliki. Menyadari betapa hangatnya keluarga yang aku miliki selama ini, merasakan kehilangan dan rindu akan moment moment kecil di rumah. 
Dengan memaknai setiap hal kecil yang dulu aku dapatkan dan sekarang tidak, ataupun sebaliknya, membuat pikiran lebih dewasa, membuat makin bersyukur atas segalanya. Hidup jauh dari rumah pun membuat kita banyak mengenal orang dan karakter baru, belajar cara menghadapi masing masing orang, belajar bergaul dan menghargai latar belakang budaya masing masing. Dan itu semua indah.
Dan membandingkan diriku dahulu dan sekarang, telah jauh berbeda, menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Oleh karena itu, aku sangat menyukuri semua jalan hidup yang telah aku lalui, dan semoga semuanya menjadi semakin indah dan semakin baik. 

Comments

Popular Posts