Sharing is caring: Smile girl!


Sharing is caring, merupakan salah satu prinsip yang dipegang teguh oleh salah satu teman saya. Sharing disini bukan berarti harus berbagi sesuatu kepada orang lain, but It can be simply about smile. Hanya cukup senyum. Teman saya selalu mengingatkan ‘’don’t forget to smile Rul!” atau “be cheerful girl!” Awalnya sejujurnya saya heran, kenapa sih harus begitu, kenapa dia semangat banget mengingatkan untuk selalu tersenyum. Dari hasil penjelasan teman saya, pencarian sana sini serta analisa pribadi ternyata ada banyak manfaat yang bisa diperoleh.
1. Perintah agama
Pertama, bukankah dalam islam diajarkan bahwa salah satu ibadah yang paling mudah dilakukan adalah tersenyum? Selain itu Rasulullah SAW memberikan teladan kepada kita dengan selalu tersenyum. Bahkan dalam menyampaikan dakwah beliau selalu meyampaikannya dengan senyum. Berikut ini beberapa hadis tentang keutamaan senyum:
  • Dari Abu Dzar ra, dia berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).
  • Jabir bin Abdullah Radhiallaahu anhu mengungkapkan: "Sejak aku masuk Islam, setiap kali Rasulullah berpapasan dengan-ku atau melihatku, beliau pasti tersenyum." (HR. Al-Bukhari) 
2. Respect others
Tidakkah kamu merasa nyaman berbicara dengan orang yang murah senyum? Orang yang murah senyum akan terlihat sebagai orang yang ramah dan welcome. Sehingga akibatnya orang lain akan merasa dihargai atas apa yang berusaha disampaikan. Itulah intinya. Dengan murah senyum secara tidak langsung kita menghargai orang lain. Respect people so then people will respect to you.
3. Make your surrounding feels comfort with your existence
Orang yang jarang senyum identik dengan pemurung. Tidak ada orang di dunia ini yang suka berada di sekitar pemurung karena secara tidak langsung sedikit banyak akan mempengaruhi mood kita. Sesuai teorinya the secret, energi negatif yang kita pancarkan ke semesta akan menarik lebih banyak energi negatif ke kita. Senyum adalah satu hal positif yang bisa menghilangkan energi negatif tersebut. Aura positif akan terpancar sehingga orang-orang di sekitar kita akan merasa nyaman dengan keberadaan kita. See? Simple act great result. Bahkan dalam Al-Quran pun dijelaskan mengenai larangan dan dampak yang ditimbulkan bila kita berlaku kasar atau tidak ramah:
"Sekiranya engkau bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu." (QS. Ali Imran: 159)
4. Stay young
Secara biologis, saat orang tersenyum akan menarik otot-otot wajah lebih sedikit dibandingkan saat orang cemberut atau marah. Seperti yang dijelaskan oleh para ahli bahwa untuk cemberut dibutuhkan 43 otot sedangkan untuk tersenyum hanyalah 17 otot saja. Dari fakta tersebut tentunya bisa disimpulkan bahwa kerja otot wajah lebih ringan saat orang tersenyum. Selain itu saat seseorang tersenyum atau tertawa tubuh akan melepaskan endorphin yakni suatu senyawa kimia yang membuat perasaan senang dan menurunkan stress yang diakibatkan hormone kartisol. Hal-hal inilah yang menyebabkan banyak senyum membuat kita awet muda.
Lihatlah satu ajaran mudah dari islam: smile, tapi ada begitu banyak manfaatnya baik untuk diri kita maupun bagi orang lain. Berbagi kepada orang lain tidak melulu harus berupa harta benda, itu juga bisa melalui sikap dan cara kita memperlakukan orang lain. Membuat orang lain bahagia sudah merupakan berbagi. Sesimple itu. Jadi apalagi yang kamu tunggu? Let’s smile, let’s spread happiness!

Comments

Popular Posts