Telaga Ngebel

Kali ini aku mau membahas salah satu tempat wisata alam yang cukup terkenal di daerah asalku, Ponorogo yakni Telaga Ngebel. Sebenarnya ada banyak tempat wisata alam di Ponorogo karena kota ini dikelilingi oleh gunung. Beberapa wisata alam yang ada di Ponorogo antara lain Air Terjun Pletuk, Gua Lowo, Hutan Wisata Kucur dan lainnya.

Beberapa foto pemandangan telaga ngebel :





Di dekat telaga ngebel ada pembangkit listri tenaga air (PLTA) di bawah ini foto bendungannya :



Telaga Ngebel merupakan danau alami yang terletak di dataran tinggi sebelah timur kota Ponorogo. Danau ini terletak di kaki Gunung Wilis. Sumber air danau ini berasal dari sungai dan air terjun. Dari tahun ke tahun, telaga ngebel ramai akan pengunjung, baik dari dalam kota maupun luar kota. Tak jarang banyak palt nomor dari luar kota yang meramaikan jalanan menuju Telaga Ngebel, misalnya dari sekitar Malang, Semarang, Surabaya, Jogja, Tulungagung dan lainnya.

Suasana di sekitar Telaga Ngebel sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga ataupun teman. Angin sejuk semilir, pepohonan yang hijau serta ditemani dengan nila bakar yang khas di sekitar danau. Banyak warung di sekitar danau yang menjajakan makanan nila bakar. Hal yang biasanya aku nikmati dengan keluargaku ketika berkunjung ke sini adalah Tiwul Goreng, Nila Bakar dan Es Degan. Kombinasi makanan enak dan suasana yang nyaman serta pemandangan yang indah.





Ada legenda mengenai Asal Usul Telaga Ngebel yang melibatkan ular naga. Konon katanya sampai sekarang ular naga itu masih bersemayam di dasar danau, dan beberapa warga setempat meyakini pernah melihat sosok ular naga tersebut.

Comments

Popular Posts