Kasih Sayang Ibu

Ada satu kejadian mengesankan saat perjalanan pulang kampung kemarin, 21 Desember 2012. Aku menaiki salah satu bis tujuan Ponorogo. Bis itu penuh sesak dengan penumpang sehingga terasa panas, banyak penumpang yang berdiri. Alhamdulillah aku masih mendapatkan kursi di samping jendela, di samping kananku duduk seorang ibu yang akan turun di Nganjuk.
Di tengah perjalanan ada penumpang naik kemudian berdiri di samping barisan kursiku. Ibu yang baru naik itu menggandeng seorang anak laki-laki kira-kira umur 6 tahun. Anak tersebut terdesak oleh penumpang lain yang berdiri, namun dia diam saja. Lalu, ibu yang duduk di kursi samping kananku menawarkan memangku anak tadi kepada ibunya. Ibunya terlihat sangat berterimakasih pada kebaikan hati Ibu disampingku tersebut.Akhirnya anak kecil tadi dipangku Ibu yang duduk di sampingku hingga dia tertidur pulas.
Dan yang paling membuatku terharu adalah saat Ibu kandungnya mengeluarkan sapu tangan untuk mengelap keringat anaknya, dan setelah itu menggunakan sapu tangan itu untuk mengipasi anaknya sepanjang perjalanan dari Sidoarjo sampai Nganjuk. Saat anaknya terbangun, dia akan menawari botol minuman, mengelap keringatnya, dan mengelus kepalanya hingga tertidur, lalu mengipasinya lagi. Tak berhenti sedikitpun. Sungguh terlihat kasih sayang Ibu pada anaknya.
Ibu kandung anak tersebut berkali-kali memohon maaf pada Ibu yang duduk disampingku karena telah merepotkan. Namun, Ibu yang duduk disampingku meski telah memangku anak tersebut hampir tiga jam, tidak terlihat capek, beliau tetap memangku anak tersebut sampai pada akhirnya Ibu kandungnya mendapatkan kursi kosong.
Mungkin kejadian itu hanya berupa hal sepele saja, namun bagiku hali itu cukup menunjukkan seberapa besar kasih sayang seorang Ibu pada anaknya. Kasih sayang yang tak ada duanya, dan memang pantas apabila surga berada di telapak kaki Ibu. Sungguh, Rasulullah pun menyebut Ibu 3x baru menyebut Ayah. Kita semua sudah tau hanya ada satu cara membalas semua kasih sayang Ibu kita, yakni dengan mendoakan, dan berbakti padanya. Semoga bermanfaat :) 

Comments

Popular Posts